Selasa, 19 Februari 2013

PENULISAN SEJARAH ANTARA YUNANI DAN ROMAWI


Dengan dasar yang kuat, penulisan sejarah yang pertama di Yunani ditemukan dalam bentuk syair. Dari Homer, suatu informasi paling sedikit mengenai sebuah konsep penggabungan antara budaya dan sosial, isi syair Homerik meliputi sekup kebendaan yang superior dan merupakan merupakan bagian dari penulisan sejarah Yunani yang paling tradisional. Pekerjaan dari T D Seymour, Andrea lang dan A G Keller dalam sosial Homerik menjadi gambaran atau ilustrasi kebudayaan pada waktu itu, yang bisa menjadi bukti dari tulisan Homerik.
Dalam kelahiran resmi penulisan sejarah di Yunani dimana menghendaki beberapa isi kondisi latar belakang masalah budaya yang mana tidak adanya keterangan pada abad ke-6 sebelum masehi. Penulisan prosa yang mudah dengan konvensional penolakan kritk atas aliran setelah munculnya gabungan mitologi Yunani dan Ilmu sosial murni menjadi pendorong dalam lembaga.Pada pertengahan abad ke-6 sebelum Masehi Miletus Ionia. Miletus Cadnus memulai abad 6 sebelum Masehi dengan memperkenalkan praktek penulisan prosa dan dia termasuk slah satu penulis prosa Yunani atau Logogrhapi Dalam periode yang sama muncul golongan pemikiran filsafat spekulatif yang merupakan bagian dari kritik Filsafat. Professor Bury menghendaki adanya kebbebasan dalam berpikir dan berdiskusi……Ionia dalam Asia Timur adalah sebuah buaian dalam kebebasan berspekulasi. Di sini (Ionia) pada abad ke-6 dn 5 sebelum Masehi, para filsuf menggunakan pikiran berusaha menekan dan menyerang pandangan klasik dan agama.
Perpindahan kekuasaan (ekspansi), perdagangan, dan penjelajahan di Timur dimana juga memilki kekuatan dalam kebudayaan Ionik dan Yunani Aegeran, berkembangya budaya dan kritk murni filsaeat mempengaruhu penulisan sejarah. Kontak budaya mendorong pertumbuhab kaum intelektual. Herodotus merupakan Sejarawan pertama yang telah mengunjungi Mesir.
Terakhir, kehadiran oaring Persia di Ionia cenderung memberikan kebebasan cara pandang mengenai budaya kepada oaring Yunani Ionik, selanjutnya melanjukan proses penting dalam pertemuan budaya. Hal ini juga mengakibatkan masyarakat Yunai Ionik menjadi tertarik pada budaya.
Sumber sejarah Yunani yang palin orisinil, merupakan bagian dari pergeseran besar dari intelektual konvensional mengenal Logographi dan filsafat kritis di Ionia. Yang lebih umum atau penjelasan mengenai tampilan budaya pada literasi sejarah didominasi oleh penulisan menurut unsure genealogy keluarga dan dilengkapi oleh pendekatan geografi dan etnografi merupakan bagian dari pendekatan yang sangat membantu dalam penulisan sejarah di Yunani. Dalam gambaran mengenai intelektual dalam masa Yunani awal, kita harus mengakui sejarawan pertama adalah Hecateus (lahir pada tahun 550 sebelum Masehi. Dia memberikan perubahan dan pengaruh yang signifikan dalam perkembangan metode penulisan sejarah (ilmu sejarah) yang memberikan pandangan kritis dalam kajian mitos yang berkembang di Yunani. Dalam paragraph pembukaan dalam tulisan mengenai genealogis menggunakan pendekatan krisi ilmu sejarah.
Trend intelektual yang mana merupakan hasil produksi tulisan genealogis dari Hecateus dan tulisan mengenai sejarah dari Hrodotus dimana banyak digunakan Charon di Lampsasos dan Diongsias di Milteus mengkumpulkan sejarah Persia selama pertengahan abad ke-5 dan Glax di Caryanda membuat biografi pertama diakhir abad ke-5. Anthiocius di Syracese menulis sejarah mengenai masyarakat Yunani dan hellanicus di Lesbos mempersiapkan tulisan seperti Herodotus. Dia tak hanay menulis sejarah Persia dan Yunani tetapi juga mengupas dari sudut pandang sosial. Tetapi juga sejarawan awaql yunani menggunakan metode kronologi. Terakhir dengan relative sukses . Herodutus memberikan pengaruh yang cukup besar.
Sistem penulisan sejarah yang pertama dan komprehensif yang ditulis oleh penulis yunani ini adalah hubungan Yunani Asiatik dalam penaklukan kaum Persia. Perang Persia ini mempengaruhi karakter kebudayaan oriental melalui karya yang mendapatkan sambutan antusiasme yang luar biasa dari pembacanya. Herodutus tidaka hanya menkaji mengenai kebudayaan manusia tetapi juga mengkaji hala hal yan berbalikan dengan kebudayaan itu. Dia juga mendapat gelar bapak anthropology selain bapak sejarah.
Karajter umum dan penting yang dikerjakan Herodutus menurut Maurice Croiset adalah sebagai berikut :
Yunani Asiatik, Herodutus memberikan karya yang snagta sukses, dalam perjalanannya mengunjungi Mesir kemudian memasuki Asia dia berhasil menulis segala aspek yang dilihatnya. Dia menulis mengenai kunjungan di monument, menjelaskan segala aspek yang dia temui, tentang budaya, hukum, kepemerintahan Negara, dan agama. Dari semua yang mana dia tulis adalah sebuah hasil yang jenius pada masanya, dia memilki pemikiran dan kemampuan cerita yang mengagumkan. Dia juga menyisipkan gambar-gambar dalam setiap karyanya. Karya – karya tersebut berada dalam peralihan dimana tradisi lisan Yunani mulai digantikan tradisi tulis.
Tema inti dalam tulisan sejarah Herodutus mengenai Perang Persia dan fokus pada rekonstruksi penyerangan Xerxes dari Yunani . Latar belakang Pewrang Persia menyediaan informasi yang mendetail mengenai sejarahnya. Herodutus merupakan penulis sejarah militer yang mempunyai kemampuan kritik menulis secara detail dan mendalam. Nmaun dalam karya belum menyeleksi sumber sejarah secara kritis dan masih memiliki unsure subyektifitas yang sangat kuat.
Herodutus dalam tulisan perang Persia mencerminkan dua golongan penting dalam kebudayaan dan peradaban yaitu tipe orientalis dan Hellenis. Dan dia mengakhiri analisa tulisannya mengenai konflik budaya. Membiaskan cara pandang sejarah dengan sangat menghibur dan penjelasan yang iluminasi yang mampu menggambarkan masyarakat Mediterania Barat dan Dunia Asia dalam abad ke-6 dan 5 sebelum Masehi. Materi tulisannya berisi penjelasan sejarah budaya dan penjelasan sosiologi. Herodutus memilki kualitas sejarawan budaya yang sangat komprehensif mengenai kebudayaan. Dalam tulisannya Herodutus juga menuangkan mitos dan ephos yang hidup di jamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar