Dengan
dasar yang kuat, penulisan sejarah yang pertama di Yunani ditemukan
dalam bentuk syair. Dari Homer, suatu informasi paling sedikit
mengenai sebuah konsep penggabungan antara budaya dan sosial, isi
syair Homerik meliputi sekup kebendaan yang superior dan merupakan
merupakan bagian dari penulisan sejarah Yunani yang paling
tradisional. Pekerjaan dari T D Seymour, Andrea lang dan A G Keller
dalam sosial Homerik menjadi gambaran atau ilustrasi kebudayaan pada
waktu itu, yang bisa menjadi bukti dari tulisan Homerik.
Dalam
kelahiran resmi penulisan sejarah di Yunani dimana menghendaki
beberapa isi kondisi latar belakang masalah budaya yang mana tidak
adanya keterangan pada abad ke-6 sebelum masehi. Penulisan prosa yang
mudah dengan konvensional penolakan kritk atas aliran setelah
munculnya gabungan mitologi Yunani dan Ilmu sosial murni menjadi
pendorong dalam lembaga.Pada pertengahan abad ke-6 sebelum Masehi
Miletus Ionia. Miletus Cadnus memulai abad 6 sebelum Masehi dengan
memperkenalkan praktek penulisan prosa dan dia termasuk slah satu
penulis prosa Yunani atau
Logogrhapi
Dalam periode yang sama muncul golongan pemikiran filsafat spekulatif
yang merupakan bagian dari kritik Filsafat. Professor Bury
menghendaki adanya kebbebasan dalam berpikir dan berdiskusi……Ionia
dalam Asia Timur adalah sebuah buaian dalam kebebasan berspekulasi.
Di sini (Ionia) pada abad ke-6 dn 5 sebelum Masehi, para filsuf
menggunakan pikiran berusaha menekan dan menyerang pandangan klasik
dan agama.
Perpindahan
kekuasaan (ekspansi), perdagangan, dan penjelajahan di Timur dimana
juga memilki kekuatan dalam kebudayaan Ionik dan Yunani Aegeran,
berkembangya budaya dan kritk murni filsaeat mempengaruhu penulisan
sejarah. Kontak budaya mendorong pertumbuhab kaum intelektual.
Herodotus merupakan Sejarawan pertama yang telah mengunjungi Mesir.
Terakhir,
kehadiran oaring Persia di Ionia cenderung memberikan kebebasan cara
pandang mengenai budaya kepada oaring Yunani Ionik, selanjutnya
melanjukan proses penting dalam pertemuan budaya. Hal ini juga
mengakibatkan masyarakat Yunai Ionik menjadi tertarik pada budaya.
Sumber
sejarah Yunani yang palin orisinil, merupakan bagian dari pergeseran
besar dari intelektual konvensional mengenal
Logographi dan
filsafat kritis di Ionia. Yang lebih umum atau penjelasan mengenai
tampilan budaya pada literasi sejarah didominasi oleh penulisan
menurut unsure genealogy keluarga dan dilengkapi oleh pendekatan
geografi dan etnografi merupakan bagian dari pendekatan yang sangat
membantu dalam penulisan sejarah di Yunani. Dalam gambaran mengenai
intelektual dalam masa Yunani awal, kita harus mengakui sejarawan
pertama adalah Hecateus (lahir pada tahun 550 sebelum Masehi. Dia
memberikan perubahan dan pengaruh yang signifikan dalam perkembangan
metode penulisan sejarah (ilmu sejarah) yang memberikan pandangan
kritis dalam kajian mitos yang berkembang di Yunani. Dalam paragraph
pembukaan dalam tulisan mengenai genealogis menggunakan pendekatan
krisi ilmu sejarah.
Trend
intelektual yang mana merupakan hasil produksi tulisan genealogis
dari Hecateus dan tulisan mengenai sejarah dari Hrodotus dimana
banyak digunakan Charon di Lampsasos dan Diongsias di Milteus
mengkumpulkan sejarah Persia selama pertengahan abad ke-5 dan Glax di
Caryanda membuat biografi pertama diakhir abad ke-5. Anthiocius di
Syracese menulis sejarah mengenai masyarakat Yunani dan hellanicus di
Lesbos mempersiapkan tulisan seperti Herodotus. Dia tak hanay menulis
sejarah Persia dan Yunani tetapi juga mengupas dari sudut pandang
sosial. Tetapi juga sejarawan awaql yunani menggunakan metode
kronologi. Terakhir dengan relative sukses . Herodutus memberikan
pengaruh yang cukup besar.
Sistem
penulisan sejarah yang pertama dan komprehensif yang ditulis oleh
penulis yunani ini adalah hubungan Yunani Asiatik dalam penaklukan
kaum Persia. Perang Persia ini mempengaruhi karakter kebudayaan
oriental melalui karya yang mendapatkan sambutan antusiasme yang luar
biasa dari pembacanya. Herodutus tidaka hanya menkaji mengenai
kebudayaan manusia tetapi juga mengkaji hala hal yan berbalikan
dengan kebudayaan itu. Dia juga mendapat gelar bapak anthropology
selain bapak sejarah.
Karajter
umum dan penting yang dikerjakan Herodutus menurut Maurice Croiset
adalah sebagai berikut :
Yunani
Asiatik, Herodutus memberikan karya yang snagta sukses, dalam
perjalanannya mengunjungi Mesir kemudian memasuki Asia dia berhasil
menulis segala aspek yang dilihatnya. Dia menulis mengenai kunjungan
di monument, menjelaskan segala aspek yang dia temui, tentang budaya,
hukum, kepemerintahan Negara, dan agama. Dari semua yang mana dia
tulis adalah sebuah hasil yang jenius pada masanya, dia memilki
pemikiran dan kemampuan cerita yang mengagumkan. Dia juga menyisipkan
gambar-gambar dalam setiap karyanya. Karya – karya tersebut berada
dalam peralihan dimana tradisi lisan Yunani mulai digantikan tradisi
tulis.
Tema
inti dalam tulisan sejarah Herodutus mengenai Perang Persia dan fokus
pada rekonstruksi penyerangan Xerxes dari Yunani . Latar belakang
Pewrang Persia menyediaan informasi yang mendetail mengenai
sejarahnya. Herodutus merupakan penulis sejarah militer yang
mempunyai kemampuan kritik menulis secara detail dan mendalam. Nmaun
dalam karya belum menyeleksi sumber sejarah secara kritis dan masih
memiliki unsure subyektifitas yang sangat kuat.
Herodutus
dalam tulisan perang Persia mencerminkan dua golongan penting dalam
kebudayaan dan peradaban yaitu tipe orientalis dan Hellenis. Dan dia
mengakhiri analisa tulisannya mengenai konflik budaya. Membiaskan
cara pandang sejarah dengan sangat menghibur dan penjelasan yang
iluminasi yang mampu menggambarkan masyarakat Mediterania Barat dan
Dunia Asia dalam abad ke-6 dan 5 sebelum Masehi. Materi tulisannya
berisi penjelasan sejarah budaya dan penjelasan sosiologi. Herodutus
memilki kualitas sejarawan budaya yang sangat komprehensif mengenai
kebudayaan. Dalam tulisannya Herodutus juga menuangkan mitos dan
ephos yang hidup di jamannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar